HELLEN NOVIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Let It Flow#TantanganMenulisGurusiana#Hari ke-9#

Novel merupakan karya tulis fiksi berupa tulisan yang bertujuan untuk menghibur pembaca. Novel lahir dari daya imajinasi seorang penulis. Setiap orang bisa menulis novel karena tentunya setiap orang mungkin untuk berimajinasi. Maaf, bukan halu ya! Semoga pembaca budiman bisa membedakan antara imajinasi dengan halusinasi. Mari kita rujuk maknanya ke KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Menurut KBBI, imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Selain itu, imajinasi juga bermakna khayalan. Sementara itu, halusinasi bermakna pengalaman indra tanpa adanya perangsang pada alat indra yang bersangkutan, mendengar suara tanpa ada sumber suara tersebut.

Novelet Tenunan Takdir tentunya merupakan hasil khayalan saya sebagai penulis. Pengalaman juga ikut menambah materi di dalam novelet tersebut. Jadilah akhirnya saya mengeksekusi pengalaman bercampur imajinasi. Ketika itu saya tidak membuat outline secara terperinci. Saya hanya membuat draft atau outline berupa judul bab atau bagian cerita kemudian sinopsis atau blurb (sesuai ajaran guru saya). Selanjutnya saya menulis, menulis dan menulis sambil mengikuti imajinasi yang muncul di dalam pikiran.

Di perjalanan, saya menemukan tokoh dan alur baru yang belum sempat terfikir sebelumnya. Karakter tokohpun tercipta dengan sendirinya. Satu hal yang perlu anda tahu, menemukan tokoh dan alur baru itu merupakan sebuah kenikmatan. Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan naskah kusut (masih perlu diedit) dalam waktu dua minggu. Setelah itu Bu Lilik, editor tersayang membantu mengeditnya. Kemudian saya diberi kesempatan memoles lagi naskah yang masih pucat.Terimakasih Bu Lilik.

Bagi penulis pemula ada baiknya ikut cara ini agar tidak banyak beban dalam menulis. Tetapi jika ingin membuat draft secara rapi dan detail. Sah saja! Namun, ketika membuat sinopsis atau blurb, sebenarnya kita sudah memikirkan penokohan dan alur cerita.

Semoga bermanfaat bagi pembaca budiman. Keep stay tuned in this blog!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bapak nulis novel juga

14 Feb
Balas

mantul

14 Feb
Balas
search